Galeri Photo
Universitas Mulawarmanwikipedia Indonesia
Banner
Universitas Mulawarmanwikipedia Indonesia
Jajak Pendapat
Program Keahlian apa yang paling anda minati di SMK Negeri 2 Samarinda
1. T. Konstruksi Batu Beton
2. T. Konstruksi Perkayuan
3. T. Gambar Bangunan
4. T. Survey Pemetaan
5. T. Pendingin & Tata Udara
6. T. Las/Las Inlastek
7. T. Pemanfaatan Tng Listrik
8. T. Mekanik Alat Berat
9. T. Pemesinan
  Lihat

6 Cara Cerdas Memilih Jurusan di SMK

Tanggal : 11/10/2014, 01:03:37, dibaca 437 kali.

Pertumbuhan sekolah kejuruan semakin pesat dari tahun ke tahun. SMK negeri dan swasta memiliki potensi yang sama untuk dipilih oleh calon siswa saat melakukan pendaftaran. Orangtua selaku pemegang penuh kuasa atau penentu terhadap jalur pendidikan anak-anaknya, perlu memerhatikan secara cerdas saat memilih jurusan SMK.




Orangtua yang salah dalam menentukan pilhan jurusan di SMK bagi anak-anaknya akan berdampak buruk; tidak saja anak menjadi kurang semangat dalam belajar karena merasa tidak cocok dengan jurusan yang sudah dipilih, bahkan masa depan anak-anak pun akan menjadi tidak menentu. Berikut ini 6 cara cerdas memilih jurusan di SMK yang perlu diperhatikan oleh para orangtua.



  1. Sesuaikan pilihan juruan dengan minat, hobi atau hal lain yang diminati anak guna memperoleh yang terbaik bagi diri anak. Jangan pernah sekalipun orangtua memaksakan kehendak yang belum tentu cocok dengan hati nurani anak. Jangan pula mengekor; artinya memilih jurusan karena mengikuti kebanyakan orang.

  2. Guna menjadi bahan pertimbangan, carilah referensi dan informasi sebanyak mungkin saat memilih jurusan. Ketahuilah setiap jurusan memiliki karakteristik, biaya serta perlengkapan yang berbeda. Termasuk dalam mencari informasi tentang SMK yang memfasilitasi jurusan yang diinginkan anak serta bagaimana reputasi sekolah terkait. Tips yang paling mudah saat mengumpulkan informasi tersebut adalah dengan berdiskusi, bertanya dan membaca acuan baik dari media cetak atau pun via internet.


6 Cara Cerdas Memilih Jurusan di SMK



  1. Guna meraih nilai yang baik saat UNAS, anak-anak harus diarahkan untuk mempersiapkan dirinya. Dengan persiapan yang baik akan mempermudah bagi anak untuk mendapatkan jurusan sesuai dengan pilihannya. Ingatlah jurusan pilihan atau favorit merupakan jurusan yang memiliki daya saing yang ketat, sementara daya tampungnya sangat terbatas.

  2. Pilihlah jurusan yang kelak memiliki peluang kerja serta karir yang besar. Beberapa faktor yang diterapkan oleh perusahaan besar dalam memilih calon pegawainya adalah dengan melihat beberapa faktor. Faktor-faktor yang menjadi modal utama dalam melamar pekerjaan, antara lain; latar belakang pendidikan, pengalaman, dan kompetensi. Untuk itulah sangat perlu diperhatikan oleh orang tua dan anaknya tentang track record (jejak rekam) setiap SMK. Apakah SMK yang dipilih selalu membekali anak didiknya dalam belajar, program magang kerja atau pengalaman, dan kompetensi yang diperoleh dari praktek di laboratorium.

  3. Jangan pernah merasa minder atau gengsi saat menimba ilmu di SMK manapun. Tetaplah memiliki niat sekolah di SMK untuk mencari keterampilan atau life-skill sebagai 'amunisi' mencari kerja.

  4. Jangan lupakan berdoa dan memohon kepada-Nya, lakukanlah shalat istikharah guna mendapatkan petunjuk dari Allah Swt. Insya Allah, Tuhan akan memberikan yang kita butuhkan bukan pilihan yang kita inginkan.


Itulah langkah-langkah yang bisa ditempuh dalam upaya mencari solusi saat memilih jurusan di SMK. Mudah-mudahan 6 cara cerdas memilih jurusan di SMK ini bisa menjadi panduan yang bermanfaat bagi para orangtua yang memerlukannya. Semoga kelak anak-anak kita menjadi siswa yang memiliki kemampuan teknis, kemampuan komunikasi serta kemampuan berwirausaha. Amin







Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas